Tuesday, February 12, 2008

Toyota: dari mesin tenun - hingga ke mobil masa depan

Salam perkenalan, ini adalah tulisan pertama Abdi di blog ini. Abdi bekerja di perusahaan Otomotif terbaik di dunia, TOYOTA.

Sekilas sejarah berdirinya Toyota, perusahaan ini pada awalnya bergerak di bidang pembuatan mesin tenun (Toyota Automatic Loom Factory) dan hingga sekarang masih memproduksi mesin Tenun. Pada tahun 1934, perusahaan mesin tenun ini terdorong untuk membuka divisi baru yang bergerak di bidang Otomotif. Dengan dipimpin oleh Kiichiro Toyota -pendiri Toyota Motor Company, produk otomotif pertama yang diciptakan Toyota adalah Mobil Toyota Model AA.


Perusahaan Toyota kini (tahun 2007) telah menjadi perusahaan Otomotif yang berkeuntungan paling besar di dunia, mengalahkan General Motor dan perusahaan Eropa lainnya. Unik, dan sangat khas, Toyota menerapkan filosofi Kai Zen ke dalam sistem kerja perusahaan Toyota. Salah satu implementasi dari filosofi Kai Zen ini adalah: Small But Continuous Improvement ~ perubahan kecil yang terus-menerus. Hal inilah yang menyebabkan Toyota menjadi perusahaan Otomotif dengan kemajuan yang berlipat. Salah satu kebijakannya, 17% perolehan keuntungan penjualan Toyota di seluruh dunia, digunakan sebagai dana untuk me-riset kelemahan mobil Toyota yang sudah ada.

Filosofi Kai Zen berasal dari daratan Tiongkok, dirumuskan oleh filsuf Cina: Lao Tzu. Kalimat terkenal yang meringkas filosofi ini: "A Journey of Thousand miles Begins with the First Step" - Perjalanan ribuan mil, diawali oleh langkah pertama.

Toyota bukan sekedar memberikan kendaraan terbaik untuk kita semua, namun Toyota juga merupakan sebuah Gaya Hidup yang didasari oleh filosofi ini. Semoga Anda juga turut menikmati Toyota Way, gaya hidup TOYOTA yang kami tawarkan sebagai solusi kebutuhan berkendara Anda, layanan, prinsip, pencapaian kesempurnaan lewat perubahan yang terus-menerus.

Salam
Abdi "TOYOTA"
melayani penjualan mobil TOYOTA
0813-1559-7037

No comments: