Thursday, February 14, 2008

Teknologi Baru TOYOTA : Sistem Anti Kantuk Pengemudi

Sistem Toyota Hadang Kantuk Pengemudi
Fino Yurio Kristo - detikinet

Tokyo - Dilanda kantuk saat mengemudi mobil memang berbahaya dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Untuk itu, raksasa otomotif dunia, Toyota Motor Corp, mengungkapkan bahwa mereka akan membenamkan sebuah sistem canggih pencegah kantuk pengemudi pada sebagian mobil produksinya.

Sistem komputer ini akan memastikan mata pengemudi berkonsentrasi penuh terhadap situasi di jalanan. Diklaim Toyota sebagai yang pertama di dunia, sistem ini memakai kamera pengawas pengemudi dan komputer pemroses gambar untuk menentukan posisi kelopak mata pengemudi.

Jika sistem 'merasakan' bahwa mata pengemudi tak benar-benar terbuka atau tak menatap lurus ke jalan, sebuah alarm akan berbunyi untuk memperingatkan pengemudi. Fasilitas yang awalnya akan dirilis di Jepang ini dirasa perlu karena Toyota menganggap, kondisi pengemudi sangat vital untuk keselamatan berkendara.

Dilaporkan, sistem yang dikembangkan Toyota tersebut mirip dengan teknologi yang dibesut perusahaan otomotif lainnya, Nissan. Tahun lalu, Nissan juga telah mendemonstrasikan teknologi pengawas mata pengemudi.

Namun bedanya dengan Toyota, jika sistem Nissan ini mendeteksi pengemudi sedang mengantuk, sabuk pengaman secara otomatis akan dikencangkan untuk menyadarkan pengemudi. Demikian seperti dikutip detikINET dari WashingtonPost, Rabu (23/1/2008). ( fyk / fyk )

diambil dari: http://detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/01/tgl/23/time/110359/idnews/882852/idkanal/317

No comments: